Monday, August 22, 2016

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi Saat Lahir Melalui SMS Bunda

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi Saat Lahir Melalui SMS Bunda



Memiliki keturunan merupakan impian setiap pasangan yang telah menikah. Persiapan pun selengkap mungkin dilakukan mulai dari program kehamilan, perawatan selama kehamilan, hingga persiapan menghadapi kelahiran. Hal ini dilakukan sebagai usaha agar proses kelahiran sang buah hati nanti berjalan dengan lancar. Namun ada pula pasangan yang kurang memperhatikan proses kehamilan sang bunda, dan hal ini dapat memperbesar resiko kematian ibu dan bayi saat lahir. Karena itu pemeriksaan saat kehamilan dan persiapan kelahiran perlu di lakukan.

Resiko kematian ibu hamil dan bayi saat lahir semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya :

1. Minimnya pengetahuan dan kesadaran  mengenai kesehatan sang bunda.
2. Adanya penyakit atau bahaya yang tidak terdeteksi sejak awal.
3. Lokasi tempat tinggal yang tidak strategis (berada di pelosok)

Banyak fasilitas kesehatan yang dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan sumber informasi mengenai kehamilan seperti posyandu, dan puskesmas. Namun tingkat kematian ibu dan bayi saat lahir pun terus meningkat. Sebagai inovasi terbaru untuk mengatasi hal tersebut,  Kementerian Kesehatan Indonesia bekerja sama dengan Jhpiego melalui program SMS BUNDA. SMS Bunda merupakan salah satu program dari Jhpiego (sebuah lembaga amal internasional yang bergerak di bidang kesehatan) yang sebelumnya sudah pernah dilakukan di negara-negara lain dan kini program tersebut mulai diterapkan di Indonesia.


Jhpiego hingga saat ini sudah bekerja sama di bidang kesehatan dengan 115 negara termasuk Indonesia.
Program ini sudah resmi dicanangkan secara nasional. Beberapa kota-kota besar di Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan sudah mulai mensosialisasikan program tersebut.

Melalui program ini, bunda-bunda akan di berikan informasi mengenai kehamilan mulai dari trimester awal, trimester kedua, trimester akhir, pasca melahirkan, bahkan hingga bayi berusia 2 tahun. Informasi tersebut akan diberikan melalui sms langsung ke ponsel genggam bunda. Hal ini dapat mempermudah para ibu hamil yang memiliki tempat tinggal tidak stategis atau pelosok, mengingat hampir tiap orang memiliki ponsel.

Lalu bagaimana caranya untuk mendaftar? Tenang saja bunda, tidak sulit kok. Cukup dengan registrasi melalui ponsel dengan cara sms ke no 08118-469-468. Berikut format sms registrasi program SMS Bunda :



1.  Bila didaftarkan sendiri.
     Ketik Reg <spasi>Tanggal Perkiraan Lahir<spasi>Kota/Kab.
     - Contoh Reg 24/10/2017 Bogor.
2.  Bila didaftarkan orang lain.
     Ketik Undang <spasi>no hp bunda<spasi>Tanggal Perkiraan Lahir<spasi>Kota/Kab.
     - Contoh Undang 087878618971 24/10/2017 Bogor.
3.  Bila sudah melahirkan.
     Ketik Telah Lahir <spasi>Tanggal kelahiran<spasi>Kota/Kab. 
     - Contoh Telah Lahir 20/10/2017 Bogor.
4. Jangan lupa semua format di smskan ke no 08118-469-468

Untuk SMS registrasi, bunda akan dikenakan biaya sms dengan tarif operator biasa, simple dan murah bukan?. Selanjutnya untuk informasi yang nantinya akan diterima, tidak akan terkena biaya alias GRATIS.
Sms Informasi akan dikirimkan oleh tim kesehatan yang sudah sesuai dengan pedoman kesehatan Lembaga Kementrian Dinas kesehatan Indonesia.
Respon positif pun datang dari kalangan para bunda melalui komentar-komentarnya melalui media sosial.  Bahkan para mahasiswa di beberapa kota pun mendukung adanya program ini dengan turut mengajak para ibu hamil untuk mendaftar program SMS bunda.

Banyak manfaat yang bisa kita dapat melalui SMS bunda.
·        Meningkatkan kesadaran mengenai kesehatan terutama bagi ibu hamil
·        Memberikan pengetahuan kepada ibu hamil mengenai bahaya dan penyakit  selama kehamilan
·        Membantu memberikan informasi bagi ibu-ibu hamil yang berada jauh dari jangkauan dinas kesehatan (pelosok).

Jadi bunda, tunggu apa lagi? Yuk bergabung dengan SMS bunda. Mari perkaya ilmu untuk proses kehamilan sejahtera. Ibu pintar, bayi pun senang.

1 comment: