Friday, August 12, 2016

Cara Membuat Dompet dari Bungkus Kopi

Cara Membuat Dompet dari Bungkus Kopi



Assalamualaikum um, buat um yang dirumahnya banyak sampah bungkus snack, kopi atau yang lainnya, jangan dulu dibuang. Masih ada hal yang dapat kita kreasikan dari bungkus tersebut.

Nah kali ini kita akan membuat dompet dari bungkus kopi. Di simak ya,, :)

Bahan-bahan :
  1. Siapkan bungkus kopi sebanyak 98 bungkus atau lebih tergantung besar kecilnya dompet yang ingin kita buat.
  2. Benang & Jarum jahit besar
  3. Resleting

Cara Membuat Dompet dari Bungkus Kopi


1. Gunting bungkus dengan kisaran lebar 5cm atau bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Gunting juga bagian samping bungkus sehingga bungkus dapat di lebarkan seperti gambar

2. Lipat bagian kanan dan kiri bungkus hingga bertemu dibagian tengah bungkus seperti gambar

3.Setelah itu lipat dua bungkus tersebut.

4. Lipat bagian dan bawah hingga bertemu dibagian tengah seperti gambar

5. Lipat dua bungkusnya . Lalu lipat lagi bungkus yang lainnya samapi seperti gambar



Kait kan satu persatu bungkus kopi yang sudah dilipat tadi tehingga terbentuk seperti gambar diatas. Susun sampai 14 bungkus atau sesuai keinginan.

6. Bagian ujung kedua bungkus dibuka kemudian disatukan.

7. Setelah kedua ujung disatukan maka akan menjadi seperti gambar disamping. Buat seperti ini sebanyak 7 buah.

8. Ketujuh bungkus kopi yang sudah dibentuk kemudian disusun dan dijahit seperti gambar disamping. Kemudian beri resleting dibagian atas.

9. Jadilah dompet yang terbuat dari bungkus kopi. :)
Untuk ukuran dan asesoris bisa dikreasikan sesuai dengan selera dan keinginan kita.

     Pada dasarnya kerajinan tangan ini bertujuan untuk meminimalisir sampah bungkus yang ada disekitar kita. Terutama untuk sampah rumah tangga. Dengan kata lain selain dengan menggunakan bungkus kopi, kreasi ini dapat anda gunakan dengan bahan sampah lain yang sejenis. Misal, bungkus mie instan, bungkus permen, bungkus pewangi, bungkus minyak goreng, dan lain lain.
     Nanti tinggal anda sesuaikan ukuran warna dan penempatannya. Jadi selain bisa mendaur ulang bungkus kopi, anda dapat pula mengurangi bungkus sampah yang lain. Hal ini sangat mempengaruhi lingkungan kita, dikarenakan sampah yang kita gunakan adalah jenis sampah yang tidak dapat membusuk dan hancur.
     Jadi tunggu apalagi, daripada anda membuang bungkus sampah yang sekiranya bisa di daur ulang, lebih baik disimpan hingga cukup untuk membuat kreasi kreasi yang bagus semacam ini. Selain bisa mengurangi sampah, jika pembuatan nya ditekuni tentu akan menjadi prospek bisnis yang bagus. Bisnis sambil go green tentunya. Sampah berkurang, rezekipun datang. :) terima kasih...

1 comment: