Thursday, August 4, 2016

Beberapa Tips Agar Tidak Mengantuk Ketika Bangun Pagi


Sulit bangun dipagi hari merupakan masalah yang biasa dialami oleh setiap orang terutama di hari libur dan ketika kita tidur terlalu larut. Kebanyakan orang sulit bangun di pagi hari dikarenakan rasa mengantuk yang begitu sangat sehingga walaupun kita sudah terbangun, terkadang kita akan kembali melanjutkan tidur kita. Bila hal ini terus didiamkan, maka akan menjadi kebiasaan yang sangat tidak baik. Terutama ketika kita ada acara yang penting atau sesuatu hal mengharuskan kita untuk bangun pagi.
Berikut adalah beberapa tips untuk teman-teman yang susah bangun di pagi hari.

  •  Langsung duduk setelah bangun.

Setelah mata kita terbuka, segeralah dudukkan badan kita atau bisa dengan menyandarkan badan kita,,, tapi ingat , jangan sambil tiduran bersandarnya.. nanti bisa tidur lagi… Hal ini dilakukan untuk menegaskan ke tubuh kita bahwa sudah waktunya melakukan aktivitas.

  • Minum air putih.

Perbanyaklah minum air putih setelah bangun tidur. Air putih dapat mengurangi rasa pusing dan ngantuk kita, karena didalam air putih mengandung oksigen

  • Mandi
Bila rasa ngantuk masih berlangsung, maka mandilah. Mandi dapat membuat tubuh lebih segar. Lebih disarankan untuk manda menggunakan air dingin. Karena air hangat hanya akan membuat tubuh kita lebih dingin setelah mandi. Bisa dibayangkan bila tubuh kita dingin, maka yang akan dilakukan pasti mencari sesuatu yang hangat seperti selimut. Bisa-bisa nanti kita tidur lagi. Mandilah sebelum subuh antara jam 04.00 – 05.00 pagi. Mandi sebelum subuh dapat membuat tubuh kita lebih sehat.

  • Berolahraga

Berolahraga dapat membuat tubuh kita jauh lebih segar. Dikarenakan detak jantung ketika berolah raga menjadi lebih cepat. Detak jantung yang cepat dapat membuat rasa ngantuk kita hilang. Jangan berolahlaga yang terlalu membuat lelah. Karena bila terlalu lelah, tubuh kita akan memerlukan waktu istirahat yang lumayan banyak. Bisa dibayangkan bila tubuh perlu istirahat banyak, nanti tidur lagi deh.

  • Langsung melakukan aktivitas

Sama halnya dengan berolahraga, melakukan aktivitas dapat membuat detak jantung kita menjadi cepat, sehingga rasa ngantuk pun lebih berkurang. Cepatnya detak jantung memacu organ-organ lain dalam kondisi work on. Sehingga dapat menyadarkan otak untuk memerintahkan tubuh kita agar tidak mengantuk.

Mengantuk merupakan hal alami yang terjadi dalam tubuh kita, alangkah baiknya teman-teman tidak menghilangkan rasa ngantuk tersebut dengan meminum kopi. Kopi memang dapat mengurangi rasa ngantuk, akan tetapi tidak baik untuk kesehatan. Karena saat kita meminum kopi, zat kafein lah yang bekerja dan memacu detak jantung kita agar berdetak lebih cepat.. dan kafein pun dapat membuat ulu hati kita sakit. Itulah sebenarnya yang membuat tubuh kita merasa tidak mengantuk setelah minum kopi.

1 comment: