Thursday, August 4, 2016

Cara Meminta Surat Rujukan BPJS dari Klinik atau Puskesmas.

Cara Meminta Surat Rujukan BPJS dari Klinik atau Puskesmas.



Bila kita ingin berobat ke rumah sakit dengan menggunakan fasilitas BPJS, kita harus meminta terlebih dahuli surat rujukan dari klinik ataupun puskesmas yang ditunjuk sebagai rekan BPJS. Biasanya klinik atau puskesman yang kita pilih tercantum di kartu BPJS kita. Jadi dalam memilih klinik ataupun BPJS harus diperhatikan juga letak dan fasilitasnya. Karena untuk mengubahnya memerlukan waktu.

Untuk meminta surat rujukan Fasilitas kesehatan tingkat pertama sangat mudah. Anda hanya perlu mendatanngi klinik atau puskesmas sesuai pilihan dan bekerja sama dengan BPJS. Bawa fotokopi ktp dan bpjs. Saat datang biasanya petugas kesehatan akan meminta juga kartu BPJS asli untuk mencocokkan data. Jadi kartu aslinya pun perlu dibawa.

Setelah itu tunggu hingga giliran periksa datang. Pinta surat rujukan kepada dokter yang memeriksa, Nanti dia akan mengisi surat rujukan sesuai dengan keperluan kita. Seperti rumah sakit yang akan dirujuk, dan poli yang akan kita datangi.

Setelah itu petugas akan memberikan cap di surat tersebut. Selesailah surat rujukan tersebut.
Tidak terlalu sulit bukan? namun terkadang di beberapa klinik proses meminta surat rujukan berbeda-beda. Ada yang mudah, ada yang sulit, ada juga yang waktu pemeriksaan pasien BPJSnya dibatasi. Hal ini tentu akan menyulitkan para pasien terutama bila pasien tersebut seorang pekerja, yang sudah jelas hanya bisa berobat dimalam hari atau dihari minggu saja. Walaupun kadang di depan klinik tertulis buka 24 jam.

Oleh karena itu bila ada hal yang sekiranya menyulitkan dari pihak klinik atau puskesmas, alangkah baiknya ditanyakan ke pihak klinik tersebut ataupun ditanyakan langsung ke petugas BPJS demi kenyamanan kita bersama.

8 comments:

  1. Apakah pasien yg akan di rujuk harus ikut? Karena pasien adalah ibu saya. Ibu saya tidak bisa berjalan

    ReplyDelete
  2. Apakah surat rujukan hanya dibuat untuk orang2 yg sakit parah saja?soalny istri minta surat rujukan buat periksa ke rumah sakit tidak diperbolehkan,karena sakitnya dianggap tidak begitu parah.

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum mohon infonya.bpk saya kan matanya sakit sering burem ngerinya katarak. Apa bisa mnt srt rujukan ke rsud . Dan yg pst qita akan mngikuti proseddur. Mohon djawab mkasih Ya.

    ReplyDelete
  4. Apakah operasi amandel bisa dilakukan dengan BPJS dan apakan harus tunggu parah dlu

    ReplyDelete
  5. Apakah bisa minta surat rujukan ke klinik, tetapi saya tidak pernah berobat ke klinik dokter yg tertera di bpjs saya?

    ReplyDelete
  6. Apakah bisa minta surat rujukan ke klinik, tetapi saya tidak pernah berobat ke klinik dokter yg tertera di bpjs saya?

    ReplyDelete
  7. Apakah bisa minta surat rujukan ke klinik, tetapi saya tidak pernah berobat ke klinik dokter yg tertera di bpjs saya?

    ReplyDelete