Friday, August 12, 2016

Bahaya Tomcat dan Cara Pengobatannya

Bahaya Tomcat dan Cara Pengobatannya


Tomcat merupakan salah satu serangga yang beracun, akan tetapi racun itu hanya menyerang area permukaan kulit saja . Racun pada serangga ini tidak mematikan . Di dalam tubuh tomcat terdapat zat cairan yang disebut Paederin. Apabila cairan ini terkena kulit manusia, akan timbul gatal atau efek seperti terbakar. Racun tomcat juga dapat menjadi penyebab penyakit dermatitis pada manusia. 

Beberapa gejala dermatitis yang disebabkan tomcat yaitu :
1. Kulit terasa panas
2. Kulit menjadi kemerahan atau  mucul gelembung berisi cairan.
3. Gatal
4. Pada kulit terjadi iritasi
5.  Kulit melepuh
6. Muncul nanah





Dilihat dari segi bentuk, tomcat hampir seperti semut, namun sedikit lebih panjang dan besar berwarna orange, memiliki bagian berwarna hitam pada kepala dan perut. Namun bila merasa dalam kondisi bahaya, Tomcat akan menaikkan perutnya, sehingga mirip dengan kalajengking. Pada beberapa tomcat memiliki ekor yang seperti capit kalajengking.
Racun dari tomcat ini tergolong dalam Dematitis Iritan Kontak, yaitu sakit yang diakibatkan karena adanya kontak dengan cairan Tomcat, Jadi siapa saja yang terkena langsung racun ini pasti akan mengalami luka. Sehingga,  membunuh dengan memencetnya ataupun memegangnya tidak disarankan.

Masyarakat tidak perlu kuatir dengan adanya wabah Tomcat. Racun tomcat hanya bisa keluar apabila tomcat merasa dalam bahaya atau jika tubuhnya hancur, Oleh karena itu apabila menemukan serangga ini, jangan coba-coba untuk dipencet. Masukkan saja ke dalam plastik dan kemudian segera dibuang. Namun jika keadaan memaksa, maka pencetlah serangga ini dengan menggunakan alat bantu seperti tisu. Setelah digunakan buang sisa serangga beserta tisu tersebut.

Bila anda terkena racun tomcat, lakukanlah hal berikut :
* Jangan digosok, menggosok dapat menyebakan racun menyebar.
* Basuh kulit, gunakan air mengalir dan sabun
Berikan antiseptik kemudian kompres dengan air, gunakan air dingin
*  Apabila luka tetap nyeri dan masih berlanjut, bawalah ke dokter.
* Apabila lukanya sudahkering, jangan digaruk. Menggaruk dapat menyebabkan bekas luka yang lebih dalam.

Beberapa contoh luka akibat racun tomcat ;



Seperti kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, Beberapa cara untuk mencegah tomcat masuk ke area tempat tinggal pun dapat kita lakukan dengan cara :

1. Memasang tirai atau jaring pada pintu, menutup rapt pintu dan jendela pada malam hari. 
2. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.
3. Buanglah jika ada tanaman yang tidak terawat, jaga kebersihan tanaman dan taman di rumah anda

Semoga informasi diatas bermanfaat, terima kasih.

1 comment: