Saturday, October 8, 2016

Tutorial Membuat Hantaran Pernikahan Masjid dari Mukena

Tutorial Membuat Hantaran Masjid dari Mukena



Hantaran merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi, terutama saat moment pernikahan. Hantaran merupakan beberapa perlengkapan yang diberikan mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan. Biasanya diberikan saat pertunangan atau saat acara pernikahannya. 

Perlengkapannya pun bervariasi, mulai dari peralatan shalat, perlengkapan mandi, pakaian, make up, sendal, sepatu, bahkan under ware pun bisa dijadikan hantaran, Namun hantaran tidak begitu saja diberikan apa adanya, tapi perlu dihias agar lebih indah dan cantik. 

Nah sekarang kita akan mencoba membuat hantaran masjid dari mukena. 

Bahan-Bahan :
  1. Karton / Kardus tidak terpakai
  2. Bola bekas
  3. Pita
  4. Kertas mengkilap
  5. Lakban
  6. Gunting
  7. Penggaris + alat tulis
  8. Karet gelang
Cara membuat hantaran masjid dari mukena :

Buat pola pada karton seperti disamping ini. 
Bila tidak ada karton,  Rekatkan dengan solasi atau lakban sehingga membentuk kotak seperti disamping. Kemudian bolong tengah-tengah kotak.
 Masukkan pola ke tengah-tengah lubang yang tadi kita buat. Kemudian rekatkan.

Untuk process bila um memiliki bola bekas setengah bagian, Kita bisa menggunakannya, jadi tidak perlu memberi lubang paga karton tersebut

Atau jika um tidak memiliki bola sama sekali, kita bisa menggantinya dengan kumpulan koran bekas yang digumpal-gumpal.
 Bentuk karton seperti tiang dan buat bulatan diatasnya, kemudian rekatkan. Bulatan bisa dibentuk dari kertas bekas ataupun gumpalan lakban.
 Kemudian satukan tiang yang tadi kita buat dengan kotak pola yang membentuk mesjid.


Tutup bentuk mesjid tersebut dengan mukena yang akan dijadikan hantaran. Untuk bagian kubah dan ujung tiang, dibentuk dengan menggunakan karet gelang.

Setelah itu hias mesjid tersebut dengan menambah asesoris pintu, jendela, pita, dan asesoris lainnya sesuai keinginan kita. Baca juga hantaran lainnya Hantaran mukena bentuk bunga





2 comments: