Tuesday, October 4, 2016

Kawasan Berikat Nusantara ( KBN ) Cakung

Siapa yang tidak kenal dengan Kawasan Berikat Nusantara Cakung ? Kawasan ini merupakan salah satu kawasan industri terbesar di Jakarta. Didalamnya terdapat banyak pabrik-pabrik yang bertindak baik sebagai produsen ataupun sebagai pabrik pemberi jasa barang mentahan.
Rata-rata pabrik yang berada dalam kawasan ini berkecimpung di dunia garment. Baik dalam pembuatan pakaian, dress, celana, sarung tangan, wig, dan masih banyak lagi. Pabrik – pabrik disini merupakan salah satu pabrik yang memproduksi barang barang yang memiliki brand besar seperti Nike, Adidas, Reebook, Under Armour dan masih banyak lagi… Hanya saja mereka sebagian besar tidak memproduksi merek tersebut secara langsung sebagai produsen, tapi hanya sebagai pabrik pembuat yang menerima order dari brand-brand besar tersebut.
Dengan kata lain, jahitan orang Indonesia ternyata tidak kalah saing dengan jahitan orang-orang luar. Karena banyak barang-barang bermerk seperti itu ternyata Made In Indonesia.
Banyak lowongan pekerjaan di daerah ini, mulai dari sewing, QC, supervisor, dan lain-lain. Jadi bagi teman-teman yang belum memiliki pekerjaan bisa mencari di daerah sini. Karena ditempat ini terdapat banyak pabrik, jadi tidak perlu uang banyak dan waktu lama untuk mengelilingi dan mencari pekerjaan disini, terutama saat usai libur lebaran, diwaktu tersebut pabrik-pabrik lebih banyak membutuhkan karyawan.

Bagaimana rute ke KBN Cakung?
Kawasan ini terdapat di daerah cakung – cilincing. Dengan plang nama yang besar jadi tidak sulit untuk ditemukan. Di dalam kawasan berikat ini terdapat angkutan khusus yang di sebut AJP. AJP ini tidak memiliki bentuk khusus, bisa mobil jenis apa saja. Mulai dari Avanza, Senia, Grand Max, dan Carry. Hanya saja mereka sudah terdaftar di Kawasan tersebut sebagai mobil angkut khusus dan memiliki stiker khusus yang tertempel di mobil tersebut. AJP berjumlah banyak dengan berbagai rute, mulai dari cakung, cilincing, rorotan, malaka, priok, bojong dan lain-lain.
Bila didaerah sekitar anda tidak terdapat mobil AJP tersebut, anda bisa naik angkutan umum, bila dari Pulo Gadung anda bisa naik KWK 28 turun di jalan baru cakung, dilanjut lagi dengan KWK 01. Bila dari Tanjung priok, anda bisa langsung naik KWK 01.

1 comment: