Thursday, October 6, 2016

Tips Berbelanja Online



Berbelanja online memang menyenangkan. Selain karena praktis, kita tidak perlu susah susah mendatanya toko tempat kita ingin beli. Akan tetapi berhati hatilah, ada beberapa toko online yang nakal, sebenarnya bukan toko online nya yang nakal, akan tetapi pemilik toko online nya heheh

Nakal disini bukan berarti Toko onlinenya bohongan alias palsu, atau barang tidak sesuai dengan barangnya. Klo untuk masalah seperti itu sudah biasa dikalangan para customer online.

Akan tetapi nakal disini adalah adanya beberapa toko online yang tidak amanat dalam menjual produknya. Ada dua tipe toko online nakal, yang pertama toko online yang terlalu prosedural. Hati hati dengan tipe seperti ini, jika anda memesan tidak sesuai aturan mereka, maka bisa jadi paket anda tidak akan sampai ke tangan anda.

Saya pernah membeli 1 stel pakaian dari sebuah toko online baju muslim. Mula mula pesanan lancar, paket dikirim dengan baik dan sampai ketangan saya dengan baik pula. Namun motif tidak sesuai dengan gambar. Akhirnya paket saya retur, toko online tersebut pun tidak mempermasalahkan dan bersedia menukar bahkan mengganti uang saya. Saya minta alamat ke mereka kemudian mengirim balik paket retur tersebut. Apesnya saya, kertas resinya hilang. :(



Padahal paket sudah saya kirim sesuai alamat yang mereka beri namun karena saya tidak bisa memberikan no resi, mereka tidak mau mengganti ataupun menukar paket tersebut. Sudah saya jelaskan berkali kali tetapi mereka tetap saja mengatasnamakan prosedur sebagai alasan mereka. Paket kan sudah saya kirim ke alamat yang benar sesuai keinginan mereka, berarti kan mereka tinggal mengecek sudah belumnya paket tersebut diterima. Seharusnya itu tidak sulit bukan.

Tapi mereka tetap meminta no resi walaupun tau bahwa no resinya sudah hilang. Dan ternyata alamat yang mereka beri itu bukan alamat langsung mereka, akan tetapi suplier mereka, Mereka mengecek ke toko tersebut dan toko tersebut bilang bahwa tidak ada paket atas nama saya yang sudah saya kirim kesana. Oleh karena itu pada akhirnya pun mereka tetap dia mau membantu dengan alasan ini sudah prosedur maka paket tidak bisa diganti atau ditukar. Yang saya heran komunikasi seperti apa yang mereka lakukan sehingga mengecek masalah ini saja sampai berhari hari. Belum lagi saya betul betul sudah mengirim paket tersebut tapi mereka tidak merasa. Padahal bila ada paket yang tidak terkirim, JNE pasti akan mengirim sms atau menelpon pengirim ataupun penerima untuk menginformasikan pengiriman paket yang mengalami kendala. Tapi saya sama sekali tidak menerima telpon atau sms apa-apa. Dan pada akhirnya,, paket harus saya relakan.

Toko online nakal yang kedua yaitu toko online yang tidak bertanggung jawab. Mereka banyak mencari alasan untuk menghindari komplainan dari customer. Dan bila customer marah, maka mereka akan balik memarahi customer tersebut. Saya juga pernah mengalami hal ini pada sebuah toko online sepatu. Saya memesan dua pasang sepatu. Paket tersebut saya kirim pakai service YES, karena saya memang mau cepat cepat pakai sepatu itu. Banyak hal yang membuat saya kecewa, pertama paket dikirim hari Kamis ternyata sampainya hari sabtu sore. Sedangkan hari sabtu saya libur. Karena terlalu baiknya saya, kedatangan paket pun saya informasikan ke penjual bahwa paket sudah sampai hari sabtu, itu pun berdasarkan resi yang saya tracking sendiri di hari minggu nya. Setelah itu paket saya ambil dihari seninnya, sepulang kerja saya buka ternyata ada kulit yang mengembung di sepatu tersebut. Pas minta dituker eh ga bisa, dengan alasan konfirmasi nya telat,,,

Sudah debat panjang tetep ja,, telat konfirmasi dijadiin alesan. Yasudahlah cape sayanya juga.
Akhir kata, kali ini kurelakan juga deh...

Untuk teman-teman yang ingin membeli online, lebih hati hati perhatikan beberapa hal berikut,,
# jangan membeli di toko online yang responnya lama,, respon ordernya ja lama, apalagi komplainnya. Bisa-bisa anda tidak ditanggapi

# pastikan produk yang dia punya adalah produk asli dia, minimal orang kedua,, jangan sampe ornag ketiga, keempat, kelima apa lagi,,,, reseller yang jauh sudah dari tangan ke tangan biasanya suka lama sampenya. malah pernah ada yang sampai seminggu dah transfer paket baru dikirim.

#pastikan kepada penjual mengenai kemungkinan terburuk yang akan terjadi, seperti adanya reject bagaimana, kalo retur nanti bagaimana. Pastikan semuanya agar saat hal itu terjadi pada kita, kita bisa dengan mudh meminta tanggung jawab toko online tersebut.

Itu adalah pesan untuk temen temen yang mau berbelanja online. Dan bagi yang menjual melalui toko online saya harap bisa lebih bijak sana dalam menanggapi setiap keluhan pelanggan. Jangan terlalu prosedural, ataupun mengacuhkan pelanggan. Jangan pernah beranggapan karena tidak akan pernah ketemu jadi berbuat seenaknya. Pelanggan juga punya perasaan, jangan sampai hanya karena mementingkan keuntungan yang tidak seberapa, bisa membuat orang lain mendoakan hal hal yang jelek kepada anda.

Saya juga menjual produk di toko online, jadi saya mengerti sekali sulitnya menangani komplain pelanggan, akan tetapi sebisa mungkin saya akan usahakan supaya enak di kedua belah pihak, atau minimal tidak membuat pelanggan tersebut merasa tidak nyaman dengan pelayanan kita. Karena saya pernah di kecewakan oleh beberapa toko online, itu memberikan pelajaran kepada saya, bahwa saya tidak boleh seperti mereka. Dipersulit saat kita meminta hak kita itu tidak enak.

Uang tidak seberapa, yang terpenting tidak membuat orang lain sakit hati.

1 comment: