Sunday, September 11, 2016

Syarat Hewan Qurban

Syarat Hewan Qurban


Berkurban merupakan sunnah mukkadah, yaitu tidak wajib namun merupakan sunnah yang diutamakan atau utama. Oleh karena itu alangkah baiknya bagi yang memiliki rizki lebih untuk berkurban. Berkurban memang membutuhkan uang yang tidak sedikit, mengingat dari tahun ke tahun harga hewan qurban semakin tinggi. Namun jika memang kita benar-benar taqwa kepada Allah, tidak ada hal yang tidak mungkin asal kita mau berusaha. Karena itu bagi yang merasa berat, lebih baik rencana kurban dibuat dari jauh-jauh hari. Supaya kita bisa menabung dari sekarang hingga tiba waktunya qurban.

Kalaupun hingga tiba saatnya ternyata uang nya belum cukup, maka teruskanlah menabung hingga cukup. Yang penting usahanya bukan hasilnya. Menabung dua tahun, tiga tahun, empat tahun bahkan lima tahun demi menunjukkan ketaatan kita jauh lebih baik daripada hanya sekedar ingin qurban namun tanpa usaha. Walaupun memang niat baik saja sudah mendapatkan pahala baik, namun alangkah lebih baik jika di realisasikan juga. Insha Allah, Allah melihat apa yang kita usahakan dan jika niat itu baik makan Ia pun akan memudahkannya.

 
Domba


Nah bagi yang ingin berkurban alangkah baiknya mengetahui syarat hewan yang dapat dijadikan untuk hewan qurban. Syarat hewan qurban diantaranya dilihat dari beberapa hal yaitu ;








  • Jenis Hewan
Tidak semua jenis hewan dapat dijadikan sebagai hewan qurban. Hewan yang dapat diqurbankan hanyalah hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, kerbau, dan unta.

Sapi
  • Umur Hewan
Hewan qurban yang dapat diqurbannya harus memenuhi syarat umur berikut :
1. Unta sekurang-kurangnya berumur 5 tahun dan memasuki tahun ke 6
2. Sapi, Kerbau sekurang-kurangnya berumur 2 tahun dan memasuki tahun ke 3
3. Domba/Biri-biri diperbolehkan berumur minimal 6 bulan namun jika ada yang berusia 1tahun, maka itu lebih baik.  Sedangkan bagi jenis kambing biasa (bukan jenis Domba/Biri-biri, misalkan Kambing biasa, sekurang-kurangnya berumur 1 tahun dan memasuki tahun ke 2.

Unta
  • Kondisi Fisik Hewan 
1. Sehat, tidak sakit apapun
2. Kaki normal, tidak pincang
3. Mata sehat, tidak buta sebelah atau keduanya.
4. Berisi, tidak kurus
5. Tidak dalam kondisi hamil atau habis melahirkan untuk hewan yang betin.


Biri Biri

Kerbau

1 comment: