Saturday, September 17, 2016

Membuat Bunga Bougenvile dari Kertas Crepes

Membuat Bunga Bougenvile dari Kertas Crepes

Kali ini kita akan membuat kreasi tangan dengan material dasar kertas crepes. Dengan tekstur yang lembut dan tidak mudah sobek, kertas crepes sering dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat aneka kerajinan tangan. Terlebih lagi dengan variasi warna yang lebih banyak, bahkan ada juga yang sudah dibentuk berupa gulungan-gulungan kecil. Nah sekarang kita akan mencoba membuat bunga bougenvile dari kertas crepes. Simak ya teman-teman.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
1. Kawat
2. Kertas crepes Pink/Merah Jambu  (3.2 x 4cm) dikali 3, satu bunga 3 kelopak
3. Kertas Crepes Hijau Muda
4. Kertas Crepes Hijau Tua 
5. Kertas Crepes Putih/Tisu
6. Gunting
7. Tag Gun


Gambarlah terlebih dahulu bentuk kelopak bougenvile pada kertas tebal, dengan ukuran sekitar 3,2 x 4cm. Kemudian gunting. Gunakan kelopak tersebut sebagai cetakan. Guntinglah cetakan tersebut pada kertas crepes yang berwarna pink. Gunting/cetak sebanyak kelopak yang dibutuhkan. 1 buah bunga membutuhkan 3buah kelopak. Warna kertas crepes yang akan dibuat kelopak dapat disesuaikan dengan selera kita, jadi bisa diganti dengan putih, orange, atau dengan warna yang lainnya.


Kita sisihkan dulu kelopaknya. Kemudian kita ambil kawat yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Gunakan kawat hias yang memang sudah disediakan untuk membuat bunga biasanya kawat sudah berwarna hijau atau terlapis dengan kertas hijau. Namun bila tidak ada dapat diganti dengan kawat biasa seperti kawat yang sering biasa digunakan untuk kawat bangunan. Namun dilapisi oleh kerta crepes hijau terlebih dahulu agar penampilannya lebih bagus.

Gunting sedikit kertas crepes putih sebagai putik. Kemudian tempelkan pada ujung kawat. Karena kertas crepes putih yang digunakan hanya sedikit, jadi dapat diganti pula dengan kertas tisu.setelah putik ditempel, samarkan batasan putik dengan kawat. Caranya yaitu dengan merekatkan kertas crepes yang berwarna hijau muda. Lilitkan dari batasan putik-kawat hingga ujung kawat. 

Warnai ujung tangkai putik dengan spidol pink. Jangan terlalu tebal, hanya samar-samar saja. Untuk mempercantik putik. Atau jika terlalu repot, anda dapat menganti lilitan kertas crepes hpaijau da tangkai putik dengan kertas crepes warna pink. Namun warna pinknya harus lebih muda dari pink yang dipakai untuk mahkota. 

Lem tangkai dengan menggunakan tag gun. kemudian tempel kelopak yang tadi sudah disiapkan. Tempelkan kelopak sebanyak 3 buah dan 1 buah kelopak bisa terdiri 2-3putik. Atur posisi kelopak sesuai dengan bentuk bunga bougenvile dan jumlah putik sesuai dengan selera agar terlihat lebih cantik.

Bentuk daun dengan kisaran ukuran 4.5 x 6cm dan 3x4cm. Bentuk daun seperti yang sering kita lihat pada bunga bougenvile. Berbentuk seperti love namun agak memanjang. 

Bentuklah ruas ruas tulang daun. Dengan cara menekan nekan menggunakan ujung kuku ibu jari. Tekanlah sesuai bentuk ruas tulang daun. Gunakan alas yang empuk seperti kertas tisu agar bentuk ruas dapat terbentuk dengan bagus dan kertas tidak mudah sobek.

Rekatkan kawat pada daun. Lentingkan bagian sisi daun agar bentuk daun terlihat lebih alami. Lentingkan dengan menggunakan bantuan lidi atau semacamnya.

Saatnya menggabungkan bunga-bunga yang tadi sudah dibuat bersama putik dan tangkainya denga daun berserta tangkainya. Gabungkan dengan cara merekatkan kertas crepes pada tangkai sambil menempelkan bunga dan daun pada posisi yang pas. Biasanya crepes gulungan ada yang sudah terdapat perekatnya. Namun bila tidak menemukan, anda bisa menggunakan lembaran kertas crepes yang dibuat sendiri kemudian merekatkannya dengan lem.

Sudah jadi deh bunganya, simpel dan mudah kan. Bentuknya pun hampir sama dengna yang aslinya. Kreasikan warna bunga dengan warna yang sesuai dengan selera anda.

2 comments: