Sunday, September 18, 2016

Cara Mencairkan Jamsostek Melalui BJB (Bank Jawa Barat)

Cara Mencairkan Jamsostek Melalui BJB (Bank Jawa Barat)


Bagi teman-teman yang belum tahu nie, ternyata Jamsostek dapat dijairkan melalui bank BJB lho..
Katanya sih lebih cepat, selain itu antreannya juga tidak sepanjang jalan kenangan bila dibandingkan dengan mengantre di Kantor BPJS ketenagakerjaan.

Anda tinggal membawa beberapa dokumen yaitu
  1. KTP (asli dan copy)
  2. Potokopi KK
  3. Kartu Peserta Jamsostek
  4. Keterangan resign (Cap HRD PT dulu bekerja)
  5. Keterangan resign (Cap dept. Ketenaga kerjaan)
Datanglah ke Bank BJB terdekat, lakukan antrean ke Customer Service. Informasikan bahwa anda ingin melakukan pencairan jamsostek lalu berikut data diatas. CS akan melakukan pengecekan dokument secara langsung, sehingga apabila ada kekurangan, akan langsung diberitahukan. 

Anda nanti akan diminta untuk membuka rek di Bank BJB dengan rek awal Rp 50.000. Setelah itu dana jamsostek yang cair akan ditransfer ke rek BJB anda. Waktu pencairan kurang lebih 1minggu. Bila dana jamsostek sudah ditransfer, rek yang sudah dibuka bisa anda teruskan untuk menabung ataupun ditutup.

94 comments:

  1. Maaf..persyaratan itu masih berlaku apa egk ya smpe skrg??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih kk,,, terakhir kemarin ada tetangga yang baru nyairin jga...

      Delete
    2. iya masih kk,,, terakhir kemarin ada tetangga yang baru nyairin jga...

      Delete
    3. Maaf kalau kartu jamsostek nya hilang harus bagaimana?

      Delete
    4. Bikin surat kehilangan dulu di kepolisian

      Delete
    5. Maaf kalo misal nya ktp ganti daerah msh bisa di cairkn kah???

      Delete
    6. Keterangan resign nya gaada gimana ? Soalnya aku keluar bukan resign tapi abis kontrak dan ga di kontrak lagi

      Delete
  2. Alamat Bank BJB yg bisa nyairin dmna yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo untuk pastinya.. Telp ke cs bjb nya kk.. CS 14049,, Soalnya ga setiap bjb bisa.. Dan untuk setiap daerahnya juga beda2,, 😊

      Delete
    2. Saya sudah satu minggu ngeklaim jht lewat bank bjb tpi belum cair ya mba,klo misal kan ada yg tidak sesuai dengan dokumen nya bakalan ada laporan ke saya ga ya mba dari pihak bpjs nya..makasih mba

      Delete
    3. Di cabang bekasi mana ya mba yg bisa cairin ??

      Delete
  3. Alamat Bank BJB yg bisa nyairin dmna yah??

    ReplyDelete
  4. Pastinya berapa lama di trnsfr k rek,bagi yg udh prnah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling cepat seminggu.. Pling lma sebulan kk..

      Delete
    2. Menurut info dna bpjs jamsostek bisa di cair kan 10% dari saldo setlah masa ke pesertaan di atas 10 thn walau paun kita masi aktif bekerja di tmpat kita bekerja ...benar ga si info tersebut

      Delete
    3. Max 1 minggu, tdk ada 1 Bulan.. jika terjadi maka masukan sja pelaporan ke lapor.go.id

      Delete
  5. Syarat nya memang harus ada cap dept ketanakerjaan yaa..kalo ga ada bosa kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya harus kk... Minta tolong ke perusahaannya saja biar sekalian minta cap depnaker.. Klo dlu saya bgitu.. Tapi bila mau dicoba dlu tanpa cap.. Silahkan kk.. Soalnya temen jg g dicap tapi lolos acc dokument... Saran dicoba dlu saja ajukan doc tanpa cap.. Bila ternyata tetap tdak bisa.. Baru proses doc yg ada cap nya ka.. Moga cpet cair ya kk 😊

      Delete
    2. Mau tanya bpjs hilang terus harus bikin surat kehilangan kekantor polisi Nah pertanyaan apakah pake surat kehilangan nya saja atau harus ada bpjsnya. Terima kasih

      Delete
  6. kak aku udh mau 3minggu cairin bpjs di bank bjb cibubur, kok blm ada sampe skrg ya?
    mohon balesan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doc nya sdah di acc kah.. Bila sdah.. Biasanya dikasih tw pencairan paling cpat 1minggu dan paling lma sebulan.. Klo dah lbih dri sebulan.. Harus ditanyakan kembali.. Sambil membawa tanda bukti acc dokumen.. Semoga membantu.. 😊

      Delete
    2. Saya juga cair di bjb cab cibubur udh 1 Bulan belom turun dan dibilang data saya ilang, masa data nasabah bisa ilang si, payah banget cara kerjanya dan skrng malah minta surat ini itu saya gamau, tanggung jawab aja sendiri

      Delete
  7. Utk pencairan daerah jakarta timur dan bekasi bisa dibank bjb cabang mana ya kak? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila langsung tanya ke call center bjb nya kk 😊

      Delete
  8. udah 3 minggu ga cair2 yg ada cape bolak balik ke bpjs depok... bikin kapok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah pengajuan online via online blm kk? Klo untuk bpjs.. Pengajuan doknya dlu sya online.. Dan setau saya skrang malah sdah diharuskan via online... Stelah itu bila di acc akan ada balasan panggilan via email.. Kmudian dtang sesuai tgl panggilan... Antri... Tunggu cair deh kak.. Smoga cpt cair ya kk 😊

      Delete
  9. Kenapa kk saya ga cair cair juga udah lebih dari seminggu loh. Pihak bank bilang maksimal nunggu seminggu. Sdangkan sekrang masih belom juga n tolong dong diperjelas kenapa bisa ga setepat itu! Kita udah cape bolak balij

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang mba ngomong doang, saya udh 1 Bulan ga turun dan udh konfirmasi dibilang data saya ilang, tanggung jawabnya gimana tuh, ngeselin sumpah!

      Delete
  10. Maaf kk setau saya pling cpat seminggu.. Pling lma sebulan.. Klo pihak bank menjanjikan paling lama seminggu dan real nya lbih dri semingg, kk bisa tanyakan kembali ke pihak bank. Karena yg beralih memilih pencairan melalui bjb sdah semakin banyak otomatis pencairan pun jg semakin lama.. Karena melalui proses antrian jg kk.. Sabar ya kk.. Semoga cpat sgera. Cair 😊

    ReplyDelete
  11. Kk kalau saldo trakhir 0 apa itu tandanya sdah d transfer

    ReplyDelete
  12. Kk kalau saldo 0 apa itu tandanya udh di transfr

    ReplyDelete
    Replies
    1. saldo di bpjs ketenagakerjaan bukan? mungkin sudah ditransfer kk,,, pastinya lebih baik cek rekening yang waktu pencairan diinfokan ke sana.. klo saldonya bertambah berarti memang sudah ditranfer,,, tapi klo blm bertambah,,, lebih baik ditanyakan lagi ke bpjs nya biar pasti,,

      Delete
  13. Mohon maaf mau tanya, klo yg resign dari desember 2014 apakah tetap harus melampirkan Keterangan Resign (Cap Depnaker)?
    Trus apakah di semua Bank BJB bisa meakukan pencairan Jamsostek?
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya ini berlaku untuk yg resign per agustus 2015,, soalnya pas bgt sya resign.. Tapi.. Tkutnya ada perubhan.. Dicoba dlu ja kk tanpa cap.. Tidak semua bank ka.. Pastinya hub call center bjbnya.. Tanya bjp yg bisa mencairkan bpjs didaerah kk 😊
      Smoga membantu...

      Delete
  14. Klo KTP saya belum ektp gimna ya, soalnya klo dionline itu ga bs hrs pake ektp ? Ktp saya msh yang lama apakah bisa ya?

    ReplyDelete
  15. Untuk pengajuan online tdak ektp tdak apa2 kk.. Karena ktp hanya di scan atau dipoto.. Lalu ckup diupload aja.. Tdk di cek yg lain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pengajuan online ke bpjs lngsung klo k bjb lngsung bwa docnya ja ksna.. Tpi sblumnya cek ke call center dlu ya.. Bank bjb yg bisa nyairin di daerah kk 😊

      Delete
  16. Suami sy....tgl 19/01/2017 claim d bjb, sampe sekarang blm cair2. Sedangkan dokumen ok smua g mslah.(bjb anyer)

    ReplyDelete
  17. Suami sy....tgl 19/01/2017 claim d bjb, sampe sekarang blm cair2. Sedangkan dokumen ok smua g mslah.(bjb anyer)

    ReplyDelete
  18. Mau tanya , masa pertransferan 14 hari kerja kan yaa non hari libur sabtu/minggu

    ReplyDelete
  19. Mau tanya katanya pencairan lewat bank bjb ditutup yaa,?
    Sampai kapan,?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  20. Jujur Aja Coy, Gua Kerja Di PT Atau Perusahaan Industri Didaerah Cikarang Gua Paling Mumet Ikut Jamsostek/BPJS Yg Mana Seluruh KaryawanNya Wajib Ikut Serta. Jika Masa Kontrak Kerja Gua Udah Habis Trus Pengen Di Cairin Itu Duit Gua Yg Ada Di Bank Jamsostek Syaratnya Macam2 Harus Dipenuhi Dlu, Isi Formulir Salah Harus Ulang Lagi Eleehhhh....Repot Coy!!!! Udah NgantriNya Lama Pengen Ambil Duit Hasil Jerih Payah Dengan Keringat Bercucuran & Kerja Keras Susah Banget Tuh Ambil Duit Sendiri Ajah.

    ReplyDelete
  21. ya harus gitu coy, itu kan pengurusnya sama aja preman berkelas sarjana tinggi pendidikannya. ya harus di iklas kan saja itung-itung beramal :)

    ReplyDelete
  22. Kalau verivikasi biodata BPJS nya ada yang salah masih tetep bisa apa harus di benerin dulu ?

    ReplyDelete
  23. Klw nyairin via bjb/kantor bpjs pk konfirmasi ke hrd ga sih?
    Males hub.sama hrdnya perusahaan soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo waktu saya,,, sih bpjs ga hub hrd lagi,,,, dokument lengkap langsung proses

      Delete
  24. Kalau yg sudah punya rekening bank bjb, apa perlu buat lagi? Mohon petunjuknya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga buat lagi kk,,, yang penting masih berlaku

      Delete
  25. Kalau dibilang nya cair 7 hari itu dihitung hari libur atau gimna ?

    ReplyDelete
  26. Skrg masih berlaku ngga ya ??

    ReplyDelete
  27. itu surat risain cap dep ketenagakerjaan na ang gmn yaa

    ReplyDelete
  28. Kkw bawa paklaring gmana. Tdk dngan cap dep ketenagakerjaan. Dep ketenagakerjaan di bekasi dmna yaw

    ReplyDelete
  29. Kkw bawa paklaring gmana. Tdk dngan cap dep ketenagakerjaan. Dep ketenagakerjaan di bekasi dmna yaw

    ReplyDelete
  30. kalau misal sudah punya rekening bjb harus bikin lagi?

    ReplyDelete
  31. Saya mencairkan di bjb jakarta...tgl 14 juli tggal 18an. Saldo 0....
    Sekarang tangga 27 ko saldo balik lagi ya....gmn ya sudah penantian 2mggu malah saldo ada lgi....ktnya data udah bner...mohon pncerahanya

    ReplyDelete
  32. Saya saldo terakhir di bpjs dah 0.ko di rek saya blm nambah ya.. Tolong di jelaskan ya. Utk yg ngalamin kaya saya terus harus nunggu berapa lama lagi komplain nya kmna....

    ReplyDelete
  33. Saya mencairkan jamsostek di bjb jakarta tgl 220817,, pas proses pencairan mlmnya saya cek limit saldo bertambah,, sampe saya kira itu aplikasi jamsostek online lg error,, saya coba berulang" pda tgl 230817 tetep pda jumlah saldo yg bertambah itu ??? Pas sorenya saya cek lgi ehhh mlah tinggal 0 saldonya.. Trus cek berulang" ttep 0..akhirnya tnya ke mbah goggle knp saldo dijamsostek 0..ktanya qlo saldo 0 berarti saldo jamsostek sudah di transfer ke rekening kita.. Tanda tnya donk??.. Katanya proses 7hri, tpi krna lg butuh duit ywd apa salahnya saya coba cek ke atm bjb. Pas saya cek gag bisa liat saldo,, akhirnya searching lgi,, cara lain cek saldo tlp ke 14049 gag bisa juga,, akhirnya udh sekian kali gag bisa trsambung ke operator bank bjb,, saya jelasin dri awal kronologisnya,, kta mas nya sii atm saya blm aktif blm dganti pin,, saya bilang sudah di aktifkan kok nd pin sudah di ganti jg,, kta masnya lgi maav mba ngeceknya via atm bjb langsg apa bank atm lain,, sya jawab bjb mas,, masnya bilang lgi,, coba aja besok mba cek saldo via atm lgi aja,, krna biasanya atm baru memang suka agak susah liat saldo dan baru mao nyautin,, ehhh keputus,, pulsa abis dlm 5mnit 10rb..wkwkwkkwkkk nd sampai tdi sore pun suami cek,, malah timbul bacaan saldo anda tidak mencukupi???... #mohon pencerahannya teman πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang saja ke bank'nya kembali bawa form klaim kuning yg diberikan buat liat status pencairan yg tersistem (maybe tdk cair-cair mereka pikir dana kalian buat masukan dlm tabungan deposito hahhaha)

      Delete
  34. maaf mau tanya dong kakak sekalian, saya pernah eklaim melalui online cabang bekasi kota. lalu disarankan datang dan mengambil no antrian. dikarenakan lamanya dapat dan sulitnya mengambil no antrian luarnya, saya berinisiatif melalui bank bjb cabang pramuka jakarta. dan setelah 5 hari kerja ada email masuk yang memberitahu kan bahwa eklaim saya dibatalkan oleh tenaga kerja tapi email tersebut dari bpjs cabang bekasi kota. apakah berpengaruh dengan eklaim yg di ajukan di bjb cabang pramuka? tolong pencerahannya kakak sekalian, terimakasih.

    ReplyDelete
  35. siang kk,,
    saya punya kartu bpjs 3,, tapi yg masih aktif cuma 1 kartu aja, apa bisa tetep dicairkan yg 2 kartu nya

    ReplyDelete
  36. Kenapa komentar yg pencairan lewat bjb jelek" ya. Jd parno sendiri

    ReplyDelete
  37. Kenapa komentar yg pencairan lewat bjb jelek" ya. Jd parno sendiri

    ReplyDelete
  38. Assalamualaikum, untuk pencairan jamsostek itu persyaratannya yg nomor 5 diatas maksudnya gimana ya. soalnya saya hanya punya surat resign dari perusahaan. terimakasih

    ReplyDelete
  39. Saya sudah claim d bjb cabang bandung.... point nya tunggu max 5hari telatnya masuk rek..# tertulis claim.bpjs# cs ny bilang data lengkap smua begitupun dr bpjs udh lengkap smua.. 14hari nya saya check.. saldo. Masih blm ada transaksi masuk.. saya bicara sm cs bjb beda cabang... bilang tunggu max 14hari kerja sabtu minggu tak d hitung... menunggu lagi deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi Sekarang udah cair gan?jd parno ah via bjb..gal Ada yg positifny kbanyakan negatif ulasan nya..repotny mau tarik uang sendiri ge..

      Delete
    2. Buat saja pelaporan ke situs lapor.go.id

      Delete
  40. Mau nanya donk kalau sekarang cariin BPJS di bjb masih harus pakai TTD Depnaker atau sudah tidak pakai lagi. Thanks

    ReplyDelete
  41. mau nanya nih, ngajuin jamsostek di bank bjb hrs atm bank bjb atau bisa atm lain ya? Soal.a atm saya. BCA

    ReplyDelete
  42. Di area bandung bisa ga pencairannya lewat bank mandiri.

    ReplyDelete
  43. Maaf mau sharing, sya mengklaim bpjs ketanakerjaan lewat bank bjb dan sudah d acc mulai d proses tanggal 4 januari 2019 kira2 lamanya uang saldo bpjs d transper ke rekening bjb brpa hari ya? Waktu d teller sih Estimasi d keterangan proseenya selambat lambatnya 5 hari, setiap hari mulai 3 hari kemarin d cek trus blum ada saldo d atmnya..

    ReplyDelete
  44. Saya mencairkannya d bank bjb yabg sudah bekerja sama dengan bpjs daerah sumedang,
    Katanya kalo ada data yang kurang atau salah dari pihak bank bjbnya akan memberitahu lewat telpon. .kira2 ada yg tahu itungan broa hari2nya dan pengalaman2nya nih ? Terimakasih

    ReplyDelete
  45. Maaf saya mau tanya kalau cap keterangan departemen itunkayagmna ya,, biasanya kan yg saya tau paklaring doang

    ReplyDelete
  46. Ambil no antrian bank bjb jam brapa ya ?
    Mksihh

    ReplyDelete
  47. Klo bpjs ketenagakerjaannya di gital bisa di cairkan lwt bng bjb gak ya

    ReplyDelete
  48. Maaf ka maw tanya, emng kalo pencaitan di bnk bjb, hanya bank bjb tertentu aja gtu yg bisa daftar untuk pencairannya.. Soalnya aq baru ntobain tdi gx bisa πŸ˜‚

    ReplyDelete
  49. Maaf kalau keterangan resign cap dept. Ketenaga kerjaan ga ada gimana?
    Cuma ada paklaring dari pt tmpat kerja dulu ada..

    ReplyDelete
  50. Mohon maaf saya mau bertanya berapa hari pencairan pbjs dibank bjb

    ReplyDelete
  51. Syarat pencarian BPJS di bank BJB April 2019
    1. Ktp asli dan fotocopi 4 lembar
    2. KK ( kartu keluarga asli ) dan fotocopy 1 lembar
    3.npwp asli dan fotocopi 1 lembar
    4.paklaring kerja asli dan fotocopy 1 lembar
    5.kartu BPJS asli dan fotocopy 1 lembar
    6.membawa materai 6000 2 lembar

    Disarankan untuk ke tempat kantor BPJS awal yang di daftarkan cabang mana.. lalu bilang untuk cek balance apa tidak nya data yang ada di BPJS dengan biodata kita ...

    Kalau sudah cocok/balance data nya bisa datang ke cabang bank BJB yang menerima claim BPJS ..

    Yang harus diketahui untuk bank BJB wilayah Jakarta pusat tidak menerima claim yang menggunakan kartu BPJS elektronik / yang ada barcode nya..
    Sepengalaman saya hanya bisa di wilayah Jakarta barat..


    Note: lengkapi berkas yang ada lalu datang ke cabang bank bjb

    ReplyDelete
  52. Ma'f mau nanya nih..pd tgl 18 april saya telah mengajukan atau mengklaim bpjs lewat kantor cab bank bjb padalarang, tp sampe skrg blm juga ada data saya di bpjs nya, padahal sudah 2 minggu lebih, apa kah ada data dr saya yg kurang atau gmn yah....mohon informasi nya, terimakasih

    ReplyDelete
  53. Boleh tanya apakah thn 2019 masih bisa cairin d Bank BJB
    Trus klo kitanya udh kerja d perusahaan n lain apa bisa d cairkn BPJS nya d Bank tsb
    Terimakasih

    ReplyDelete
  54. Mau tanya min untuk nge klam BPJS bisa di bank BJB walau udah keluar di PT yg dulu .lalu untuk ngambil formulir apa bisa ngambil di bank BJB wilayah Bandung dan sekirsekit gk ??

    ReplyDelete
  55. Maaf klo unntuk pencairan yang 10% di bank bjb Bisa

    ReplyDelete
  56. Min mau tanya, klo kita mau klaim jamsostek d'bank bjb apa mesti kita daftar via online dlu d'antrian bpjsketenagakerjaan atau kita dateng langsung k'bank bjb. Mohon jawabannya min. Thanks

    ReplyDelete
  57. Hri kamis tgl 01 agustus 2019 kmren sya mau cairin bpjs di indramayu..pas nympe hrus daftar dlu sya dpat antriannya nnti tgl 06 september 2019 lamaaa bgt..

    mau ke bank bjb tpi komennya kbnyakan negatifπŸ˜•

    ReplyDelete
  58. kalo misalkan rt rw nya penulisan nya k balik bisa gak...
    soal nya d surat packlaring saya rt rw nya k balik

    ReplyDelete
  59. Kalau tidak punya surat dari Disnaker bisa?

    ReplyDelete
  60. Saya mau tanya apah bisa mencairkan bpjs ketenaga kerjaan d wakilkan ke sodara karna saya tida sempat

    ReplyDelete
  61. Permisi mau nanya, saya kan waktu buka rekening bjb, tidak dimintain saldo awalnya kak, trus gimana ya?

    ReplyDelete