Cara Membatalkan Order di Tokopedia
Dalam postingan sebelumnya kita membahas tentang cara membeli barang di Tokopedia nah bagaimana cara untuk membatalkan nya?
Berikut adalah cara pembatalan order di tokopedia.
Dalam postingan sebelumnya kita membahas tentang cara membeli barang di Tokopedia nah bagaimana cara untuk membatalkan nya?
Berikut adalah cara pembatalan order di tokopedia.
- Login terlebih dahulu ke https://www.tokopedia.com/ dengan menggunakan akun yang sudah kita buat terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan.
- Klik logo pesan yang ada di pojok kanan atas, pilih pembelian
- Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Kemudian pilih batal di pilihan paling bawah
- Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini. Klik Ya.
- Selesai confirm, maka pesanan anda sukses dibatalkan
Note : pesanan hanya bisa dibatalkan dari pihak pembeli apabila belum
dilakukan pembayaran atas pesanan tersebut, karena apabila pembeli sudah
melakukan proses pembayaran maka secara otomatis proses akan dilakukan ke
pembeli. Jadi bila sudah melakukan pembayaran, untuk melakukan pembatalan bisa
dilakukan dengan menghubungi langsung si penjual agar membatalkan pesanan si
pembeli.
Update November 2016.
Per November 2016, tokopedia memberikan menu baru yaitu "Batal Pesanan" yang dapat anda gunakan untuk membatalkan pesanan. Namun tetap saja ada kelemahan, karena menu ini hanya bisa digunakan / muncul sebelum pesanan diproses oleh penjual.
Update November 2016.
Per November 2016, tokopedia memberikan menu baru yaitu "Batal Pesanan" yang dapat anda gunakan untuk membatalkan pesanan. Namun tetap saja ada kelemahan, karena menu ini hanya bisa digunakan / muncul sebelum pesanan diproses oleh penjual.
kok gue gak kaya gitu yah??? malah pas belum bayar udh ada dikolom "jumlah yang sudah di bayar" gimana tuh???
ReplyDeleteklo ga liat tampilannya saya ga bisa koment kk,,, soalnya klo blm byar biasanya yang muncul kolom jumlah yang harus dibayar
DeleteKok saya gak kayak begitu yaa??? Pas saya lihat di situ malah ditulis tanya penjual
ReplyDeletemaaf baru balas,,, bagaimana kk sudah bisa di cancel kah?
Deletetampilan akan muncul klo penjual belum memproses pesanan kita,,, klo dah terlanjur diproses mau ga mau kita minta penjual biar dicancel dari sisi dia...
DeleteKalo kita langsung minta tolong si penjual membatalkan, apakah nanti uang kita bisa kembali
DeleteBisa ka
Deletebener nih, menu nya ga gitu deh
ReplyDeletehoax nih
ini bukan hoax gan update nov 2016 mang kaya gitu,,, saya kan toppers juga soalnya...
Deletemungkin tampilannya skrang dah berubah,,, nanti saya update lagi ya kk :)
Deletegan klo udah ngajuini pembatalan, penjual jg udah nge acc. tp saldo masih belum balik.. bayarnya transfer via atm.. itu gimana gan??
ReplyDeleteBiasanya ada proses masa tunggunya ka sekitar beberapa hari.. Klo masih blm balik nanti minta bantuan ke cs tokped.. Saldo nanti bkal masuk ke saldo akunnya kk
DeleteGan, mhn pencerahan.ane pesan brg dan udh d transfer 3 hr yg lalu,tp pihak penjual tidak memproses pemesanan saya..penjual sprt ngulur2 waktu..saya hrs gmn,apakah uang saya bs kembali ?
ReplyDeleteMakasi atas perhatiannya...
Untuk orderan yg terlanjur diproses penjual tidak bisa kita cancel kk.. Klo pun curhat ke tokped.. Pasti disuruh tunggu mpe masa proses habis.. Ditunggu saja kk.. Klo waktu habis.. Otomatis cancel.. Nanti saldo langsung balik ke akun kk
ReplyDeleteNah kalo misal kan kita sudah membatalkan transaksi,tp awal mula kita transfer itu dri rekening lain dan tdk sama dgn rek kita yg terdaftar di toped,itu gmn pengembaliannya?
DeleteKalo dah deal cancel.. Saldo g kan langsung masuk ke rek pribadi.. Tapi bkal masuk ke rek bersama di tokped.. Nah kalo mau dipindahin ke rek kita, kk tinggal klik nominal saldo yg tertera di akun tokped kk. Trus klik menu tarik dana.. Setelah itu pilih ke rek mana saldo tersebut mau dipindahkan..
DeleteGan, saya mau nanya.. saya sudah order.. sudah melakukakn konfirmasi pembayaran, nah pesanan sudah diteruskan ke penjual, kan saya slah alamat, jdi mau ganti, mau gamau kn mesti batalin order.. saya mnta pnjual tolak.. katanya ga bisa.. mesti pembeli mngajukan pembatalan pesanan.. gmn caranya ya gan??
ReplyDelete1. klo hanya alamatnya yang salah dan masih ingin tetap order agan tinggal info ke penjual supaya dikirim ke alamat yang benar gan. Asalkan paket blm dikirim oleh penjual,,, masih bisa bisa aja. 2. Klo orderannya tetap ingin dibatalkan dan kondisinya sudah diteruskan ke penjual, tanya dulu,,, sudah di proses blm,, klo masih blm seharusnya di detail transaksi kita ada menu cancel order,,, tapi klo sudah terlanjur diproses oleh penjual, harus penjual yang cancel,,, karena saat penjual dpt order trus diproses,, bakal ada pilihan di menu transaksinya untuk pembatalan,,, 3. klo penjualnya tetep bilang ga bisa batalin order,,, minta ja jangan dikirim barangnya.. klo no resi ga diupdate dalam waktu yang ditentukan,, order otomatis cancel gan,,,
Deleteoia tambahan,,, saat penjual cancel order,,, akan ada pilihan mengenai sebab2 pembatalan,,, disana ada juga kok pilihan *pembatalan atas permintaan pembeli.,,, setau saya gitu gan..
Deletegan kalo tokoedia yang baru kan udah gak pake konfirmasi pembayaran jadi gimana?
ReplyDeleteTagihan klau pakai pembayaran via transfer antar bank atau yg sejenisnya biasanya ada kode khusus tokped.. Klo dah transfer sesuai jumlah akan langsung ke detect oleh tokped dan langsung diverifikasi.. Kk cek ja di akun.. Menu pembelian.. Trus cek status pemesanannya.. Seharusnya ada detail pesanan sdah diteruskan ke penjual...
DeleteMbak saya kan uda order dan bayar.tp tidak ada respon dr penjual.saya batalkan..gitu itu balik uang saya berapa hari ya proses nya??
DeleteMbak saya kan uda order dan bayar.tp tidak ada respon dr penjual.saya batalkan..gitu itu balik uang saya berapa hari ya proses nya??
DeleteMbak,, saya kan udah transfer uangnya via Indomaret..
ReplyDeletepada tanggal 20 kmren, sekitar Pukul 21.00. Bukti pembayarannya jg udh ada..
Trs pas td saya tanya ke penjual, katanya blm ada tuh invoice dari pemesanan Saya..
Jadi gimana tuh mbak..??
Mau di batalkan jg gak bisa...
Berarti sellernya rese minta suruh buyer cancel sendiri padahal udh dibayar _- ish nyusahin banget jadi seller
ReplyDelete#curhat
DeleteSaran saya jgn gunakan toped, saya jg mengalami mslh yg sama uang saya trtahan memasuki hr ke 4, sdg penjual sdh memproses tp brg gak dkirim2. Pdhl nilainya lbh dr 1 jt.
ReplyDeleteSaran saya gunakan BL krn dsana penjual tdk bisa seenaknya mengulur2 wkt lbh dr 2 hr otomatis transaksi bakal di batalkan. Klo toped sdh memasuki hr ke 4 saja transaksi saya msh mnggantung, sdh dproses penjual tp brg tdk dkirim2 pdhl saya sdh bilang ini sangat urgent, seenaknya saja penjual mencuekin pembelinya.
Assalamu'alaikum
DeleteLalu orderan kamu itu dkrm ga? Lalu apakah uang nya di refund? Kapan hari ke berapa? Soalnya saya mengalami hal yg sama seprti kamu alami, Dan saat ini saya bingung apakah uang saya bisa di refund???
Tolong di jawab ya...
Cara pembatalan di atas sdh ridak berlaku lg , semenjak toped melakukan konfirm pembayaran otomatis
ReplyDeleteMasih berlaku kok. Tapi itu didasari apa kata si penjual'y. Klo penjual'y mau memenuhi si pembeli yg ingin batal belanja sih ya bisa batal & uang otomatis balik melalui saldo akun & bs ditarik via rek bank kita. Tp klo si penjual'y ogah ngebatalin ya mau gak mau, pesenan ttp dikirim. Spt saya, ngeuh tuh barang palsu pas udh transaksi. Dan harga yg lain byk yg jauh lbh murah. Sdgkn saya sudah mah palsu, mahal pula. Rugi bandar deh gue...
ReplyDelete"TOKOPEDIA ITU TIDAK MELINDUNGI PEMBELI=MAU DITIPU / KAGAK, BUKAN URUSAN TOKOPEDIA". Klo saya lebih aman belanja di ELEVENIA & LAZADA. Operator'y sangat mudah dihubungi & bertanggung jawab atas keluhan konsumen.
Kalo mengajukan pembatalan duit bisa balik ga?? Brapa lama duit balik?
ReplyDeletebisa balik ka,,, pengajuan batal nya via apa? kalo via sistem paling cma beberapa hari ja,,,
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletesaya sudah terlanjur klik metode pembayaran dengan briva lha ternyata yang saya pesen keliru jadi saya ingin membatalkannya gimana ?? walau saya belum transfer
ReplyDeleteSama,tapi tidak ada pembatalan tagihan :/
DeleteSaya sudah berhasil transaksi tinggal nunggu pengiriman ke alamat saya,
ReplyDeletePerjanjian sampe 30hr, karna memang barang preorder
Penjual kurang responsif kalo di tanya,
Bahkan hari k 30 saya dikasih resi asal2an,
Resi asal2an itu bwt ngelabuhin siatem tokped karna takut di batalin, oke lah kalo itu,
Itupun tanpa konfirmasi ke saya,
Seller mnta waktu seminggu tp ttp ga ada kabar,
Yg saya tanya kira2 perlu saya batalin ga ya itu orderan
Ini ceritanya saya seller.. Nah karena kecerobohan saya, saya malah klik "pickup" karena saya pakai gojek.. Padahal saya belum ngasih nomor resi.. Nah saya pengen batalin bksa gk?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteHallo kakak,saya mau nanya nih,saya sudah transaksi barang lewat indomaret,sampe batas waktu akhir pengiriman,tuh barang belum juga sampai, seller sangat sulit dihubungi,.bagaimana caranya supaya bisa balik lagi tuh uang saya..?
ReplyDeleteKalo membatalkan tagihan yang masih di status pembayaran tidak ada cancel ya
ReplyDelete×o× ada perubahan pikiran jadi susah..
Sy dah pesan n tranfer dan sdang dproses tp barang yg sy pesan kosong katanya, sy ingin mmbatalkan tp tidak ada dlm pihanx, sy mnta pnjual batalkn tp ga dblz2. Gmn donk caranya
ReplyDeleteSy dah pesan n tranfer dan sdang dproses tp barang yg sy pesan kosong katanya, sy ingin mmbatalkan tp tidak ada dlm pihanx, sy mnta pnjual batalkn tp ga dblz2. Gmn donk caranya
ReplyDeleteSy dah pesan n tranfer dan sdang dproses tp barang yg sy pesan kosong katanya, sy ingin mmbatalkan tp tidak ada dlm pihanx, sy mnta pnjual batalkn tp ga dblz2. Gmn donk caranya
ReplyDeleteSy dah pesan n tranfer dan sdang dproses tp barang yg sy pesan kosong katanya, sy ingin mmbatalkan tp tidak ada dlm pihanx, sy mnta pnjual batalkn tp ga dblz2. Gmn donk caranya
ReplyDeleteGan kan ane udh bayar trus udah di proses sama penjual tapi udh 2 hari ga diterusin prosesnya padahal ane kirim pake gosend tp ga diterusin prosesnya, jd sampe di pemesanan sedang di proses sama penjual doang udah stak disitu 2 hari, cara batalinnya gimana disana ga ada tulisan buat batalin kalo udh begitu
ReplyDeleteGan kan ane udh bayar trus udah di proses sama penjual tapi udh 2 hari ga diterusin prosesnya padahal ane kirim pake gosend tp ga diterusin prosesnya, jd sampe di pemesanan sedang di proses sama penjual doang udah stak disitu 2 hari, cara batalinnya gimana disana ga ada tulisan buat batalin kalo udh begitu
ReplyDeleteSaya pesan barang di tokopedia,sebelum transaksi saya mencoba menanyakan ada tidaknya barang, dan barangpun masih ready, lalu saya lakukan transfer pembayaran by indomaret, setelah saya transfer, tiba-tiba penjual memberikan balasan jika barang sudah habis,dan saya mencoba membatalkan pemesanan, tetapi saya bingung bgaimana cra membatalkan pesanan yg sudah terlanjur saya transfer by indomaret, gmna ya cara uang bisa kembali? Bantu jawab dongg kaka2. Mkasih.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletekalau si penjual tidak menkonfirmasi nya gimana?
ReplyDeletemakasih infonya yah jadi tahu cara membatalkannya
ReplyDeletekartu member alfamart
Saya pesan brng di tokopedia tetapi barang yg saya pesan itu salah dan saya mencoba membatal kan nya tetapi pihak tokopedia bilang harus menunggu
ReplyDeletepersetujuan penjual
Dan si penjual tetap saja memproses barang yg salah itu dan mengirim ke alamat saya
Sistem pembayaran saya sistem bayar di tempat
Nah gimana cara mengatasi nya?