Thursday, November 24, 2016

Cara Membatalkan Order di Tokopedia

Cara Membatalkan Order di Tokopedia

Dalam postingan sebelumnya kita membahas tentang cara membeli barang di Tokopedia nah bagaimana cara untuk membatalkan nya?

Berikut adalah cara pembatalan order di tokopedia.
  1. Login terlebih dahulu ke https://www.tokopedia.com/ dengan menggunakan akun yang sudah kita buat terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan.
  2. Klik logo pesan yang ada di pojok kanan atas, pilih pembelian
  3. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Kemudian pilih batal di pilihan paling bawah
  4. Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini. Klik Ya.
  5. Selesai confirm, maka pesanan anda sukses dibatalkan
Note : pesanan hanya bisa dibatalkan dari pihak pembeli apabila belum dilakukan pembayaran atas pesanan tersebut, karena apabila pembeli sudah melakukan proses pembayaran maka secara otomatis proses akan dilakukan ke pembeli. Jadi bila sudah melakukan pembayaran, untuk melakukan pembatalan bisa dilakukan dengan menghubungi langsung si penjual agar membatalkan pesanan si pembeli.

Update November 2016.
     Per November 2016, tokopedia memberikan menu baru yaitu "Batal Pesanan" yang dapat anda gunakan untuk membatalkan pesanan. Namun tetap saja ada kelemahan, karena menu ini hanya bisa digunakan / muncul sebelum pesanan diproses oleh penjual. 

51 comments:

  1. kok gue gak kaya gitu yah??? malah pas belum bayar udh ada dikolom "jumlah yang sudah di bayar" gimana tuh???

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ga liat tampilannya saya ga bisa koment kk,,, soalnya klo blm byar biasanya yang muncul kolom jumlah yang harus dibayar

      Delete
  2. Kok saya gak kayak begitu yaa??? Pas saya lihat di situ malah ditulis tanya penjual

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas,,, bagaimana kk sudah bisa di cancel kah?

      Delete
    2. tampilan akan muncul klo penjual belum memproses pesanan kita,,, klo dah terlanjur diproses mau ga mau kita minta penjual biar dicancel dari sisi dia...

      Delete
    3. Kalo kita langsung minta tolong si penjual membatalkan, apakah nanti uang kita bisa kembali

      Delete
  3. bener nih, menu nya ga gitu deh
    hoax nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bukan hoax gan update nov 2016 mang kaya gitu,,, saya kan toppers juga soalnya...

      Delete
    2. mungkin tampilannya skrang dah berubah,,, nanti saya update lagi ya kk :)

      Delete
  4. gan klo udah ngajuini pembatalan, penjual jg udah nge acc. tp saldo masih belum balik.. bayarnya transfer via atm.. itu gimana gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada proses masa tunggunya ka sekitar beberapa hari.. Klo masih blm balik nanti minta bantuan ke cs tokped.. Saldo nanti bkal masuk ke saldo akunnya kk

      Delete
  5. Gan, mhn pencerahan.ane pesan brg dan udh d transfer 3 hr yg lalu,tp pihak penjual tidak memproses pemesanan saya..penjual sprt ngulur2 waktu..saya hrs gmn,apakah uang saya bs kembali ?
    Makasi atas perhatiannya...

    ReplyDelete
  6. Untuk orderan yg terlanjur diproses penjual tidak bisa kita cancel kk.. Klo pun curhat ke tokped.. Pasti disuruh tunggu mpe masa proses habis.. Ditunggu saja kk.. Klo waktu habis.. Otomatis cancel.. Nanti saldo langsung balik ke akun kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalo misal kan kita sudah membatalkan transaksi,tp awal mula kita transfer itu dri rekening lain dan tdk sama dgn rek kita yg terdaftar di toped,itu gmn pengembaliannya?

      Delete
    2. Kalo dah deal cancel.. Saldo g kan langsung masuk ke rek pribadi.. Tapi bkal masuk ke rek bersama di tokped.. Nah kalo mau dipindahin ke rek kita, kk tinggal klik nominal saldo yg tertera di akun tokped kk. Trus klik menu tarik dana.. Setelah itu pilih ke rek mana saldo tersebut mau dipindahkan..

      Delete
  7. Gan, saya mau nanya.. saya sudah order.. sudah melakukakn konfirmasi pembayaran, nah pesanan sudah diteruskan ke penjual, kan saya slah alamat, jdi mau ganti, mau gamau kn mesti batalin order.. saya mnta pnjual tolak.. katanya ga bisa.. mesti pembeli mngajukan pembatalan pesanan.. gmn caranya ya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. klo hanya alamatnya yang salah dan masih ingin tetap order agan tinggal info ke penjual supaya dikirim ke alamat yang benar gan. Asalkan paket blm dikirim oleh penjual,,, masih bisa bisa aja. 2. Klo orderannya tetap ingin dibatalkan dan kondisinya sudah diteruskan ke penjual, tanya dulu,,, sudah di proses blm,, klo masih blm seharusnya di detail transaksi kita ada menu cancel order,,, tapi klo sudah terlanjur diproses oleh penjual, harus penjual yang cancel,,, karena saat penjual dpt order trus diproses,, bakal ada pilihan di menu transaksinya untuk pembatalan,,, 3. klo penjualnya tetep bilang ga bisa batalin order,,, minta ja jangan dikirim barangnya.. klo no resi ga diupdate dalam waktu yang ditentukan,, order otomatis cancel gan,,,

      Delete
    2. oia tambahan,,, saat penjual cancel order,,, akan ada pilihan mengenai sebab2 pembatalan,,, disana ada juga kok pilihan *pembatalan atas permintaan pembeli.,,, setau saya gitu gan..

      Delete
  8. gan kalo tokoedia yang baru kan udah gak pake konfirmasi pembayaran jadi gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tagihan klau pakai pembayaran via transfer antar bank atau yg sejenisnya biasanya ada kode khusus tokped.. Klo dah transfer sesuai jumlah akan langsung ke detect oleh tokped dan langsung diverifikasi.. Kk cek ja di akun.. Menu pembelian.. Trus cek status pemesanannya.. Seharusnya ada detail pesanan sdah diteruskan ke penjual...

      Delete
    2. Mbak saya kan uda order dan bayar.tp tidak ada respon dr penjual.saya batalkan..gitu itu balik uang saya berapa hari ya proses nya??

      Delete
    3. Mbak saya kan uda order dan bayar.tp tidak ada respon dr penjual.saya batalkan..gitu itu balik uang saya berapa hari ya proses nya??

      Delete
  9. Mbak,, saya kan udah transfer uangnya via Indomaret..
    pada tanggal 20 kmren, sekitar Pukul 21.00. Bukti pembayarannya jg udh ada..
    Trs pas td saya tanya ke penjual, katanya blm ada tuh invoice dari pemesanan Saya..
    Jadi gimana tuh mbak..??
    Mau di batalkan jg gak bisa...

    ReplyDelete
  10. Berarti sellernya rese minta suruh buyer cancel sendiri padahal udh dibayar _- ish nyusahin banget jadi seller

    ReplyDelete
  11. Saran saya jgn gunakan toped, saya jg mengalami mslh yg sama uang saya trtahan memasuki hr ke 4, sdg penjual sdh memproses tp brg gak dkirim2. Pdhl nilainya lbh dr 1 jt.
    Saran saya gunakan BL krn dsana penjual tdk bisa seenaknya mengulur2 wkt lbh dr 2 hr otomatis transaksi bakal di batalkan. Klo toped sdh memasuki hr ke 4 saja transaksi saya msh mnggantung, sdh dproses penjual tp brg tdk dkirim2 pdhl saya sdh bilang ini sangat urgent, seenaknya saja penjual mencuekin pembelinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum
      Lalu orderan kamu itu dkrm ga? Lalu apakah uang nya di refund? Kapan hari ke berapa? Soalnya saya mengalami hal yg sama seprti kamu alami, Dan saat ini saya bingung apakah uang saya bisa di refund???

      Tolong di jawab ya...

      Delete
  12. Cara pembatalan di atas sdh ridak berlaku lg , semenjak toped melakukan konfirm pembayaran otomatis

    ReplyDelete
  13. Masih berlaku kok. Tapi itu didasari apa kata si penjual'y. Klo penjual'y mau memenuhi si pembeli yg ingin batal belanja sih ya bisa batal & uang otomatis balik melalui saldo akun & bs ditarik via rek bank kita. Tp klo si penjual'y ogah ngebatalin ya mau gak mau, pesenan ttp dikirim. Spt saya, ngeuh tuh barang palsu pas udh transaksi. Dan harga yg lain byk yg jauh lbh murah. Sdgkn saya sudah mah palsu, mahal pula. Rugi bandar deh gue...
    "TOKOPEDIA ITU TIDAK MELINDUNGI PEMBELI=MAU DITIPU / KAGAK, BUKAN URUSAN TOKOPEDIA". Klo saya lebih aman belanja di ELEVENIA & LAZADA. Operator'y sangat mudah dihubungi & bertanggung jawab atas keluhan konsumen.

    ReplyDelete
  14. Kalo mengajukan pembatalan duit bisa balik ga?? Brapa lama duit balik?

    ReplyDelete
  15. bisa balik ka,,, pengajuan batal nya via apa? kalo via sistem paling cma beberapa hari ja,,,

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. saya sudah terlanjur klik metode pembayaran dengan briva lha ternyata yang saya pesen keliru jadi saya ingin membatalkannya gimana ?? walau saya belum transfer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama,tapi tidak ada pembatalan tagihan :/

      Delete
  18. Saya sudah berhasil transaksi tinggal nunggu pengiriman ke alamat saya,
    Perjanjian sampe 30hr, karna memang barang preorder
    Penjual kurang responsif kalo di tanya,
    Bahkan hari k 30 saya dikasih resi asal2an,
    Resi asal2an itu bwt ngelabuhin siatem tokped karna takut di batalin, oke lah kalo itu,
    Itupun tanpa konfirmasi ke saya,
    Seller mnta waktu seminggu tp ttp ga ada kabar,
    Yg saya tanya kira2 perlu saya batalin ga ya itu orderan

    ReplyDelete
  19. Ini ceritanya saya seller.. Nah karena kecerobohan saya, saya malah klik "pickup" karena saya pakai gojek.. Padahal saya belum ngasih nomor resi.. Nah saya pengen batalin bksa gk?

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Hallo kakak,saya mau nanya nih,saya sudah transaksi barang lewat indomaret,sampe batas waktu akhir pengiriman,tuh barang belum juga sampai, seller sangat sulit dihubungi,.bagaimana caranya supaya bisa balik lagi tuh uang saya..?

    ReplyDelete
  22. Kalo membatalkan tagihan yang masih di status pembayaran tidak ada cancel ya
    ×o× ada perubahan pikiran jadi susah..

    ReplyDelete
  23. Sy dah pesan n tranfer dan sdang dproses tp barang yg sy pesan kosong katanya, sy ingin mmbatalkan tp tidak ada dlm pihanx, sy mnta pnjual batalkn tp ga dblz2. Gmn donk caranya

    ReplyDelete
  24. Sy dah pesan n tranfer dan sdang dproses tp barang yg sy pesan kosong katanya, sy ingin mmbatalkan tp tidak ada dlm pihanx, sy mnta pnjual batalkn tp ga dblz2. Gmn donk caranya

    ReplyDelete
  25. Sy dah pesan n tranfer dan sdang dproses tp barang yg sy pesan kosong katanya, sy ingin mmbatalkan tp tidak ada dlm pihanx, sy mnta pnjual batalkn tp ga dblz2. Gmn donk caranya

    ReplyDelete
  26. Sy dah pesan n tranfer dan sdang dproses tp barang yg sy pesan kosong katanya, sy ingin mmbatalkan tp tidak ada dlm pihanx, sy mnta pnjual batalkn tp ga dblz2. Gmn donk caranya

    ReplyDelete
  27. Gan kan ane udh bayar trus udah di proses sama penjual tapi udh 2 hari ga diterusin prosesnya padahal ane kirim pake gosend tp ga diterusin prosesnya, jd sampe di pemesanan sedang di proses sama penjual doang udah stak disitu 2 hari, cara batalinnya gimana disana ga ada tulisan buat batalin kalo udh begitu

    ReplyDelete
  28. Gan kan ane udh bayar trus udah di proses sama penjual tapi udh 2 hari ga diterusin prosesnya padahal ane kirim pake gosend tp ga diterusin prosesnya, jd sampe di pemesanan sedang di proses sama penjual doang udah stak disitu 2 hari, cara batalinnya gimana disana ga ada tulisan buat batalin kalo udh begitu

    ReplyDelete
  29. Saya pesan barang di tokopedia,sebelum transaksi saya mencoba menanyakan ada tidaknya barang, dan barangpun masih ready, lalu saya lakukan transfer pembayaran by indomaret, setelah saya transfer, tiba-tiba penjual memberikan balasan jika barang sudah habis,dan saya mencoba membatalkan pemesanan, tetapi saya bingung bgaimana cra membatalkan pesanan yg sudah terlanjur saya transfer by indomaret, gmna ya cara uang bisa kembali? Bantu jawab dongg kaka2. Mkasih.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. kalau si penjual tidak menkonfirmasi nya gimana?

    ReplyDelete
  32. makasih infonya yah jadi tahu cara membatalkannya

    kartu member alfamart

    ReplyDelete
  33. Saya pesan brng di tokopedia tetapi barang yg saya pesan itu salah dan saya mencoba membatal kan nya tetapi pihak tokopedia bilang harus menunggu
    persetujuan penjual
    Dan si penjual tetap saja memproses barang yg salah itu dan mengirim ke alamat saya
    Sistem pembayaran saya sistem bayar di tempat
    Nah gimana cara mengatasi nya?

    ReplyDelete